Kreativitas Resep

Alternatif Pengganti Bahan Masakan yang Mudah Ditemukan

0 Komentar
Beranda
Kreativitas
Resep
Alternatif Pengganti Bahan Masakan yang Mudah Ditemukan

Hai, teman-teman! Kalian pernah nggak sih, sudah semangat-semangat mau masak, ternyata bahan masakannya nggak lengkap? Pasti sebel banget, kan? Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas tentang alternatif pengganti bahan masakan yang mudah ditemukan. Yuk, simak selengkapnya!

Pertama, kita bahas tentang gula pasir. Gula pasir adalah salah satu bahan pokok yang sering digunakan dalam masakan, baik itu untuk manis-manis maupun asin. Namun, apabila gula pasir di rumah habis dan malas ke toko, kita bisa menggunakan madu sebagai gantinya. Madu memiliki rasa manis yang alami dan juga lebih sehat. Sebagai patokan, satu sendok makan madu dapat menggantikan satu sendok makan gula pasir.

Kedua, ada juga bawang putih. Bawang putih adalah bumbu dasar yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Tapi, bagaimana jika bawang putihnya habis? Jangan khawatir, bawang bombay bisa menjadi solusinya. Walaupun rasanya sedikit berbeda, bawang bombay juga bisa memberikan aroma yang khas pada masakan. Satu buah bawang bombay ukuran sedang bisa digunakan sebagai pengganti dari tiga siung bawang putih.

Ketiga, kita bahas tentang garam. Garam adalah bahan dasar yang pasti ada di setiap dapur. Namun, jika garamnya habis dan tidak ada garam kasar sebagai penggantinya, kita bisa menggunakan kecap asin atau saus tiram. Kedua bahan ini memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan rasa asin pada masakan. Sebagai patokan, satu sendok teh garam bisa digantikan dengan satu sendok makan kecap asin atau saus tiram.

Keempat, ada susu. Susu biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai jenis masakan, seperti kue atau makanan berkuah. Jika susu cair habis, kita bisa menggunakan santan sebagai penggantinya. Santan memiliki kandungan lemak yang mirip dengan susu sehingga dapat memberikan rasa yang kaya dan lembut pada masakan. Untuk satu cangkir susu, kita bisa menggunakan setengah cangkir santan dicampur dengan setengah cangkir air.

Terakhir, kita bahas tentang telur. Telur sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai masakan. Namun, apabila telur habis dan tidak ada penggantinya, kita bisa menggunakan tahu. Tahu memiliki tekstur yang mirip dengan telur dan juga bisa memberikan rasa yang lezat pada masakan. Sebagai patokan, satu butir telur bisa digantikan dengan sepotong tahu ukuran sedang.

Itu tadi beberapa alternatif pengganti bahan masakan yang mudah ditemukan. Semoga informasi ini bisa membantu kalian saat kepepet ya. Ingat, kreativitas dalam memasak itu penting lho. Jangan biarkan kekurangan bahan masakan menghentikan langkah kreatif kalian di dapur. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar