Beranda
Anak-anak
Kepiting
Peliharaan
Kepiting Lucu dan Aman: Jenis Kepiting untuk Anak-Anak

Kepiting bisa jadi peliharaan yang unik, dan anak-anak biasanya menyukai sesuatu yang berbeda. Meskipun tidak semanis kucing atau seceria anjing, kepiting memiliki daya tarik tersendiri. Namun, bukan berarti semua jenis kepiting cocok untuk dijadikan hewan peliharaan, apalagi jika pemiliknya masih anak-anak. Ada beberapa jenis kepiting yang lebih cocok dan aman untuk dijadikan hewan peliharaan anak-anak. Yuk, kita cari tahu lebih lanjut!

1. Kepiting Hermit (Hermit Crab)

Salah satu jenis kepiting yang paling populer sebagai hewan peliharaan adalah Kepiting Hermit. Mereka adalah kepiting dengan tubuh kecil yang sering tinggal di dalam cangkang bekas siput laut. Kepiting hermit memiliki berbagai jenis, dan salah satu yang paling sering dijadikan hewan peliharaan adalah Kepiting Hermit Karibia (Coenobita clypeatus).

Anak-anak biasanya menyukai kepiting hermit karena bentuknya yang unik dan cangkangnya yang berwarna-warni. Kepiting Hermit juga relatif mudah dirawat. Mereka membutuhkan sedikit pasir atau kerikil, cangkang ekstra, dan air tawar untuk minum dan berendam. Untuk makanannya, mereka dapat makan hampir apa saja, termasuk buah-buahan, sayuran, dan makanan khusus kepiting yang dapat dibeli di toko hewan peliharaan.

2. Kepiting Halloween Moon (Gecarcinus quadratus)

Jenis kepiting yang satu ini memiliki nama yang unik dan penampilan yang mencolok. Kepiting Halloween Moon memiliki tubuh berwarna ungu gelap dengan caping oranye cerah, mirip dengan warna pada malam Halloween. Kepiting ini cukup aktif dan dapat hidup hingga 10 tahun dalam kondisi perawatan yang baik.

Perawatan Kepiting Halloween Moon membutuhkan sedikit lebih banyak usaha dibandingkan dengan kepiting hermit. Mereka membutuhkan sedikit lebih banyak ruang, dan habitat mereka harus dijaga agar tetap lembab. Selain itu, mereka membutuhkan campuran makanan daging dan tumbuhan untuk makan.

3. Kepiting Fiddler (Uca sp.)

Kepiting Fiddler adalah jenis kepiting yang cukup populer dan dikenal karena ciri khas satu capit besar yang dimiliki oleh jantan. Capit besar ini digunakan untuk menarik perhatian betina dan sebagai alat pertahanan.

Mereka adalah kepiting yang aktif dan lucu untuk dilihat. Mereka memiliki kebiasaan unik seperti berdiri dengan capit besar mereka dan melakukan gerakan seperti memainkan biola, itulah sebabnya mereka dinamakan "Fiddler" atau biola.

Perawatan Kepiting Fiddler memerlukan sedikit lebih banyak perhatian. Mereka membutuhkan habitat dengan bagian berair dan berpasir. Untuk makanan, mereka membutuhkan campuran tumbuhan dan protein hewani. Penting juga untuk memberikan mereka banyak tempat bersembunyi dan cangkang kosong.

4. Kepiting Emas Mati (Cardisoma armatum)

Jenis kepiting yang satu ini memiliki tubuh berwarna kuning emas cerah, yang menjadikannya cukup populer sebagai hewan peliharaan. Kepiting Emas Mati adalah kepiting darat, yang berarti mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di darat, meskipun mereka masih membutuhkan air untuk minum dan berendam.

Kepiting Emas Mati membutuhkan perawatan yang agak kompleks. Mereka membutuhkan habitat besar dengan banyak ruang untuk bergerak dan bersembunyi. Mereka juga membutuhkan campuran makanan tumbuhan dan protein hewani, serta air tawar dan air asin.

Itulah empat jenis kepiting yang cocok dan aman untuk dijadikan hewan peliharaan anak-anak. Sebelum memutuskan untuk memelihara kepiting, penting untuk melakukan penelitian tentang jenis kepiting yang spesifik dan kebutuhan mereka. Selain itu, selalu pastikan untuk mengawasi interaksi antara anak-anak dan hewan peliharaan mereka untuk memastikan keamanan kedua belah pihak. Selamat mencoba dan semoga anak-anak senang dengan teman baru mereka!

Tidak ada komentar