Kuliner Resep Santan

Manjakan Lidah dengan Makanan Berbahan Dasar Santan Kelapa

0 Komentar
Beranda
Kuliner
Resep
Santan
Manjakan Lidah dengan Makanan Berbahan Dasar Santan Kelapa

Siapa yang tak kenal santan kelapa? Ya, bahan makanan satu ini memang sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Dari mulai masakan tradisional hingga hidangan modern, santan kelapa kerap menjadi bintangnya. Bahkan, ada juga yang bilang jika masakan Indonesia belum lengkap rasanya tanpa santan. Nah, kali ini kita akan bahas lebih lanjut tentang makanan dengan bahan dasar santan kelapa yang pastinya sudah tak asing lagi di telinga kita.

A. Rendang

Siapa yang bisa menolak lezatnya rendang? Masakan khas Padang ini menggunakan santan kelapa sebagai salah satu bahan utamanya. Rendang merupakan masakan daging yang dimasak dengan bumbu dan santan kelapa selama berjam-jam hingga dagingnya menjadi sangat lembut dan bumbunya meresap sempurna. Hasilnya? Sebuah hidangan dengan rasa yang luar biasa lezat dan kaya akan rasa.

B. Sayur Lodeh

Beranjak ke masakan berkuah, ada sayur lodeh yang tak kalah lezatnya. Masakan ini juga menggunakan santan kelapa sebagai bahan utamanya. Sayur lodeh adalah masakan berkuah yang berisi berbagai jenis sayuran seperti labu siam, terong, dan kacang panjang yang dimasak dengan santan kelapa. Rasa gurih santan kelapa yang meresap ke dalam sayuran membuat sayur lodeh sangat lezat dan nikmat.

C. Opor Ayam

Selanjutnya ada opor ayam, hidangan khas Lebaran yang juga menggunakan santan kelapa. Opor ayam adalah masakan ayam yang dimasak dengan santan kelapa dan bumbu-bumbu seperti kemiri, ketumbar, dan kunyit. Hasilnya adalah hidangan dengan kuah yang gurih dan lembut yang sangat pas disantap dengan ketupat.

D. Soto Betawi

Jika bicara tentang masakan berkuah dengan santan, tak lengkap rasanya tanpa menyebut Soto Betawi. Ya, masakan khas Betawi ini juga menggunakan santan kelapa dalam resepnya. Soto Betawi adalah masakan berkuah yang berisi daging sapi, jeroan, dan kentang yang dimasak dengan kuah santan kelapa. Rasa gurih kuah santan dan kenyal daging sapi menjadikan Soto Betawi sangat digemari.

E. Kolak

Berbicara tentang santan, tentu tak lengkap tanpa membahas hidangan penutup atau dessert. Kolak merupakan dessert khas Indonesia yang menggunakan santan kelapa. Dessert ini biasanya berisi pisang, ubi, dan ketan yang direbus dengan santan kelapa dan gula merah. Rasa manis dan gurih dari kolak menjadikan dessert ini sangat disukai.

Kesimpulan

Itulah lima contoh makanan dengan bahan dasar santan kelapa yang sangat lezat dan nikmat. Tentunya masih ada banyak lagi makanan lainnya yang menggunakan santan kelapa. Namun, yang pasti, kehadiran santan kelapa dalam masakan Indonesia tak bisa dipisahkan dan menjadikan rasa masakan kita menjadi khas dan lezat. Jadi, jangan ragu untuk memasak dengan santan ya!

Tidak ada komentar