Alumni Kampus Kerjasama

Membangun Jembatan Kerjasama dengan Alumni Kampus

0 Komentar
Beranda
Alumni
Kampus
Kerjasama
Membangun Jembatan Kerjasama dengan Alumni Kampus

Halo semuanya! Kali ini kita akan membahas topik yang cukup menarik, yakni tentang bagaimana kita bisa menjalin hubungan kerjasama dengan alumni kampus. Percaya atau tidak, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari relasi ini. Yuk, langsung aja kita mulai!

Apa Sih Manfaatnya?

Sebelum kita membahas cara-cara membangun hubungan tersebut, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa sih manfaatnya. Nah, yang pertama dan paling jelas tentunya adalah jaringan atau networking. Alumni kampus biasanya sudah berada di berbagai posisi di dunia kerja. Dari mereka, kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, peluang bisnis, hingga wawasan tentang industri tertentu.

Selain itu, alumni juga bisa menjadi mentor atau pembimbing bagi kita, terutama bagi yang baru saja lulus dan masih 'hijau' dalam dunia kerja. Mereka bisa memberikan nasihat dan petunjuk berharga berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Selain itu, alumni juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita. Banyak di antara mereka yang sukses dalam karirnya, dan cerita sukses mereka bisa memotivasi kita untuk berusaha lebih keras.

Mengenal Lebih Dekat

Jika kita sudah paham betul manfaatnya, sekarang waktunya kita membahas cara menjalin hubungan kerjasama dengan alumni. Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengenal mereka lebih dekat. Bisa lewat berbagai acara kampus seperti reuni, seminar, atau workshop yang melibatkan alumni. Jangan ragu untuk mengajak mereka berbicara dan berkenalan. Contohnya, saat acara seminar, manfaatkan waktu istirahat untuk berbincang dan memperkenalkan diri kepada alumni yang hadir.

Membuat Grup Komunikasi

Salah satu cara yang paling efektif untuk menjalin hubungan dengan alumni adalah dengan membuat grup komunikasi, bisa melalui media sosial seperti WhatsApp atau Line. Di sini, kita bisa berbagi informasi, berdiskusi, atau sekadar bersenda gurau dengan alumni. Pastikan grup ini tetap aktif dan kondusif ya!

Menyelenggarakan Kegiatan Bersama

Selanjutnya, kita bisa juga menyelenggarakan kegiatan bersama dengan alumni. Bisa dalam bentuk olahraga bersama, piknik, atau bahkan workshop atau pelatihan. Ini adalah cara yang baik untuk mempererat hubungan dan membangun rasa kekeluargaan antara kita dengan alumni. Contohnya, kita bisa mengadakan lomba futsal antara mahasiswa dan alumni, atau seminar karir yang diisi oleh alumni yang sudah sukses.

Membantu Sesama

Jangan lupa juga untuk selalu siap membantu alumni jika mereka membutuhkan sesuatu. Bisa dalam bentuk informasi, bantuan kerja, atau apa pun itu. Dengan ini, kita menunjukkan bahwa kita bukan hanya memanfaatkan mereka, tapi juga peduli dan siap membantu. Contohnya, jika ada alumni yang sedang mencari pekerja baru, kita bisa membantu menyebarkan informasinya ke teman-teman kita.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjalin hubungan kerjasama dengan alumni kampus. Ingat, bukan hanya tentang apa yang bisa kita dapatkan, tapi juga tentang apa yang bisa kita berikan. Dengan cara ini, kita bisa membina hubungan yang sehat dan bermanfaat dengan alumni. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sekian artikel dari saya, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat beraktivitas dan tetap semangat, ya!

Tidak ada komentar