Mobil Perawatan Suspensi

Mengatasi Kendala Sistem Suspensi Mobil, Langkah Efektif dan Praktis

0 Komentar
Beranda
Mobil
Perawatan
Suspensi
Mengatasi Kendala Sistem Suspensi Mobil, Langkah Efektif dan Praktis

Halo, sobat pembaca! Ada kabar gembira buat kalian yang suka ngoprek mobil sendiri di rumah. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi masalah pada sistem suspensi mobil. Suspensi adalah bagian penting yang bertanggung jawab atas kenyamanan dan stabilitas saat berkendara. Jadi, jika ada masalah dengan suspensi, biasanya efeknya langsung terasa.

Pertama-tama, kita harus bisa mengidentifikasi apakah suspensi mobil kita bermasalah. Biasanya, gejala-gejalanya cukup jelas, misalnya mobil terasa goyang, bunyi-bunyian aneh saat melintasi jalan berbatu atau polisi tidur, atau bahkan mobil menjadi sulit dikendalikan.

Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba lakukan. Yuk, kita ulas satu per satu!

1. Periksa Shock Absorber

Shock absorber atau peredam kejut adalah komponen utama dalam sistem suspensi. Fungsinya adalah menyerap getaran dari permukaan jalan yang tidak rata. Jika shock absorber rusak, mobil akan terasa goyang dan tidak nyaman. Cara memeriksanya cukup mudah, coba tekan bagian atas roda dengan keras. Jika mobil langsung kembali ke posisi semula, berarti shock absorber masih baik. Namun, jika mobil masih goyang beberapa kali setelah ditekan, bisa jadi shock absorber perlu diganti.

2. Cek Link Stabilizer

Link stabilizer bertugas mencegah mobil oversteer atau understeer. Cara memeriksanya adalah dengan mendengarkan suara-suara aneh saat mobil melintasi tikungan atau jalanan tidak rata. Jika ada suara gemeretak atau gredeg, mungkin link stabilizer perlu diganti.

3. Periksa Bushing

Bushing adalah bantalan karet yang menghubungkan komponen-komponen suspensi. Jika bushing aus atau retak, akan terdengar suara berdecit saat mobil bergerak. Untuk memeriksa bushing, kamu bisa menggunakan senter untuk melihat kondisinya. Jika terlihat retak atau aus, gantilah segera.

4. Cek Power Steering

Power steering berfungsi untuk memudahkan pengendara saat membelokkan roda. Jika mobil terasa berat saat dibelokkan, mungkin ada masalah dengan power steering. Coba periksa cairan power steering, jika warnanya gelap atau volume cairannya berkurang, kamu mungkin perlu mengganti cairannya.

Itu dia, beberapa cara untuk mengatasi masalah pada sistem suspensi mobil. Memang sih, untuk beberapa hal mungkin kita perlu bantuan mekanik profesional. Tapi setidaknya dengan mengetahui gejala-gejalanya, kita bisa lebih proaktif dalam merawat mobil kita. Selamat mencoba, ya!

Tidak ada komentar