Asam Urat Diet

Mengatur Pola Makan untuk Menangani Asam Urat

0 Komentar
Beranda
Asam Urat
Diet
Mengatur Pola Makan untuk Menangani Asam Urat

Asam urat bukanlah perkara remeh temeh. Siapa bilang hanya bisa membuat jari-jari kita sakit dan bengkak saja? Kalau dibiarkan, asam urat bisa menjadi pintu gerbang berbagai masalah kesehatan lain, loh. Nah, untuk itu, kita harus tahu cara menanganinya, salah satunya dengan mengatur pola makan. Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Kalian tahu 'kan kalau asam urat itu disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat dalam tubuh? Nah, ini terjadi karena tubuh kita tidak bisa memecah purin, zat yang ada di dalam beberapa makanan dan minuman, dengan sempurna.

Makanan yang Harus Dihindari

Pertama, kita bahas dulu nih, apa aja sih makanan yang harus kita hindari untuk menangani asam urat? Yuk, simak!

  1. Daging Merah dan Seafood: Dua jenis makanan ini memiliki kadar purin yang tinggi, dan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

  2. Minuman Manis dan Alkohol: Minuman yang diperkaya dengan fruktosa tinggi juga bisa meningkatkan kadar asam urat. Begitu juga dengan alkohol, terutama bir, yang bisa memicu peningkatan asam urat.

  3. Makanan Olahan: Makanan olahan seperti sosis, ham, dan bakso memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Karena itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan ini.

Contohnya, kalau kita biasanya suka makan steak daging sapi atau udang, mendingan kita kurangi frekuensinya ya. Bukan berarti harus ditinggalkan sama sekali, tetapi bisa dikurangi. Kalau biasanya makan steak 3 kali seminggu, coba kurangi jadi 1 kali seminggu.

Makanan yang Bisa Dikonsumsi

Setelah tahu apa saja yang harus dihindari, sekarang kita bahas makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

  1. Sayur dan Buah: Sayur dan buah memiliki kandungan purin yang rendah. Selain itu, kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam sayur dan buah juga baik untuk tubuh.

  2. Susu Rendah Lemak: Susu rendah lemak dan produk olahannya dapat membantu mengurangi risiko peningkatan asam urat.

  3. Kacang-kacangan: Kacang memiliki purin yang rendah dan tinggi serat. Tapi jangan lupa, konsumsinya juga jangan berlebihan ya.

  4. Beras Merah: Beras merah memiliki serat yang lebih tinggi dibandingkan beras putih, sehingga bisa membantu mengontrol kadar asam urat.

Misalnya, untuk menu sarapan, kita bisa mengonsumsi semangkuk oatmeal ditambah dengan buah-buahan seperti pisang dan stroberi. Kemudian, untuk makan siang, kita bisa mencoba nasi merah dengan lauk tempe dan sayuran.

Tips Menjaga Pola Makan

  1. Variasi Makanan: Jangan hanya makan jenis makanan yang sama setiap hari. Variasikan makananmu untuk memastikan kamu mendapatkan nutrisi yang seimbang.

  2. Perhatikan Porsi: Jangan makan dalam porsi yang besar, lebih baik makan dalam porsi kecil tetapi sering.

  3. Minum Air Putih: Minum air putih cukup setiap hari bisa membantu mengurangi penumpukan asam urat.

Jadi, mengatur pola makan untuk menangani asam urat itu gampang-gampang susah, ya. Tapi kalau kita sudah tahu makanan apa saja yang perlu dihindari dan yang perlu dikonsumsi, seharusnya jadi lebih mudah. Ingat, seimbangkan makananmu dan jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar