Net Art Seni Digital

Seni Kontemporer dalam Dunia Digital: Mengenal Aliran Net Art

0 Komentar
Beranda
Net Art
Seni Digital
Seni Kontemporer dalam Dunia Digital: Mengenal Aliran Net Art

Hei kawan! Udah tau belum kalau seni itu ga cuma soal gambar di kanvas atau patung yang di-exhibit di museum? Di era digital ini, seni mengalami perkembangan yang luar biasa dan melahirkan berbagai aliran baru, salah satunya yang akan kita bahas hari ini, yaitu Net Art. Yuk, kita ulas lebih dalam!

Net Art, juga dikenal sebagai Internet art, adalah bentuk seni kontemporer yang memanfaatkan medium Internet sebagai bagian penting dari proses kreatif dan distribusi karya. Aliran ini bermunculan sekitar tahun 90-an, paralel dengan perkembangan teknologi internet dan digital.

Net Art bisa berupa apa saja, mulai dari karya visual, instalasi, sampai performa digital. Contohnya nih, karya seniman Vuk Cosic yang berjudul "ASCII History of Art for the Blind". Di sini, Cosic merubah sejumlah karya seni klasik menjadi gambar ASCII yang bisa dibaca oleh software pembaca layar. Keren kan!

Nah, kamu juga harus tahu, kalau Net Art itu unik, karena ia membuka ruang baru bagi siapa saja untuk berpartisipasi dan mempengaruhi hasil akhir karya. Misalnya, ada karya yang disusun dari input pengguna, atau yang berubah sesuai dengan interaksi dari penonton.

Salah satu contoh karya Net Art interaktif adalah "My Boyfriend Came Back from the War" oleh Olia Lialina. Di karya ini, penonton bisa memilih bagian cerita yang mereka ingin lihat selanjutnya dengan mengklik tautan tertentu di halaman web. Gimana? Menarik bukan?

Namun, walaupun terkesan bebas dan demokratis, Net Art juga punya tantangan tersendiri, salah satunya adalah soal preservasi. Karena bersifat digital dan seringkali interaktif, mempertahankan karya Net Art bisa jadi cukup sulit, terutama bila teknologi berubah.

Meski begitu, Net Art tetap menjadi aliran yang penting dan berpengaruh dalam dunia seni kontemporer. Aliran ini membuktikan bahwa seni bukan hanya soal memproduksi karya estetis, tapi juga tentang merespons dan memanfaatkan perkembangan teknologi dan media baru.

Jadi, buat kamu yang tertarik dengan dunia seni dan teknologi, Net Art bisa jadi salah satu cara untuk mengeksplorasi kedua bidang ini. Siapa tau kamu bisa menjadi seniman digital berikutnya!

Sekian dulu ya pembahasan kita tentang Net Art. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu tentang dunia seni digital. Selamat berkreasi!

Tidak ada komentar