Kuliner Jepang

Sensasi Kuliner Jepang: Makanan Khas yang Harus Dicoba

0 Komentar
Beranda
Kuliner Jepang
Sensasi Kuliner Jepang: Makanan Khas yang Harus Dicoba

Halo teman-teman pecinta kuliner! Kali ini kita akan berkelana ke negeri sakura, Jepang. Bukan hanya karena keindahan alam dan budayanya saja, tapi juga untuk mencicipi aneka ragam kuliner yang memanjakan lidah. Jika kamu berencana untuk berwisata ke Jepang, jangan sampai melewatkan makanan khas yang ada di sana.

1. Sushi

Pertama-tama, kita mulai dari makanan khas Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia, yakni Sushi. Sushi adalah makanan Jepang yang terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk-pauk seperti ikan segar, udang, atau telur. Biasanya, sushi disajikan dengan wasabi dan shoyu (kecap Jepang) yang memberikan sensasi rasa yang unik. Dalam penyajiannya, sushi memiliki berbagai macam jenis, seperti Nigiri, Maki, Sashimi, dan masih banyak lagi.

Bayangkan, kamu sedang duduk di tepi sungai di Kyoto, sambil menikmati piring sushi yang lezat. Pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

2. Ramen

Selanjutnya, kita beranjak ke Ramen. Siapa yang tidak kenal dengan ramen? Makanan ini begitu populer dan sudah merambah ke berbagai belahan dunia. Namun, rasanya tentu akan berbeda ketika kamu mencicipinya langsung di Jepang.

Ramen adalah makanan berupa mie yang disajikan dalam kuah kaldu. Kuahnya terbuat dari daging babi, ayam, atau ikan dan disajikan dengan berbagai topping seperti telur, rumput laut, dan sayuran. Ada banyak variasi ramen, seperti Shoyu Ramen (ramen dengan kuah kecap), Miso Ramen (ramen dengan kuah miso), dan lainnya. Dijamin, setelah mencoba ramen asli dari Jepang, kamu akan merasakan bedanya dengan ramen yang ada di Indonesia.

3. Takoyaki

Jika kamu suka dengan makanan ringan, Takoyaki adalah salah satu street food Jepang yang wajib dicoba. Takoyaki adalah bola-bola adonan yang diisi dengan potongan gurita, disajikan dengan saus takoyaki yang manis dan mayones, serta taburan serpihan bonito (ikan katsuobushi) di atasnya.

Biasanya, kamu bisa menemukan penjual Takoyaki di berbagai tempat, seperti di festival, stasiun kereta, atau di pinggir jalan di kota-kota besar Jepang seperti Tokyo atau Osaka. Takoyaki merupakan camilan yang pas untuk dinikmati saat jalan-jalan di Jepang.

4. Okonomiyaki

Masih dalam tema street food, Okonomiyaki adalah makanan lain yang wajib dicoba. Okonomiyaki adalah semacam pancake Jepang yang diisi dengan berbagai bahan seperti sayuran, daging, atau seafood, kemudian dipanggang dan disajikan dengan saus okonomiyaki dan mayones.

Okonomiyaki berasal dari daerah Kansai, tetapi sekarang bisa ditemukan di seluruh Jepang dengan variasi resep yang berbeda-beda. Menikmati okonomiyaki langsung dari penggorengan teppan (hot plate) sambil berinteraksi dengan koki yang memasaknya bisa menjadi pengalaman yang seru!

5. Tempura

Tempura adalah makanan Jepang yang terbuat dari sayuran atau seafood yang dicelup ke dalam adonan tepung dan kemudian digoreng hingga renyah. Tempura biasanya disajikan dengan saus tempura atau saus tare, dan seringkali menjadi pelengkap dalam berbagai macam makanan Jepang lainnya seperti udon atau donburi.

Mencoba tempura di Jepang bisa memberikan sensasi rasa yang berbeda, karena tekstur adonan yang renyah dan bahan-bahan segar yang digunakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba tempura saat berwisata di Jepang.

Itulah beberapa makanan khas Jepang yang wajib dicoba saat berwisata di sana. Ingatlah, berwisata bukan hanya soal melihat pemandangan, tapi juga mencicipi kuliner khas tempat tersebut. Jadi, selamat menikmati perjalanan kuliner kamu di Jepang!

Tidak ada komentar