Beranda
Memasak
Teknik Dasar
Teknik Memasak Dasar yang Wajib Dikuasai

Memasak adalah suatu seni yang bisa dikuasai oleh siapa saja, asalkan mau belajar dan berlatih. Tak hanya soal meracik bahan dan mengolah rasa, dalam memasak ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai agar hasil masakan bisa maksimal. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa teknik memasak dasar tersebut. Jadi, siapkan catatanmu ya, dan mari kita mulai.

1. Mengiris dan Memotong

Mengiris dan memotong adalah teknik dasar yang paling sering digunakan dalam memasak. Mengiris dan memotong dengan benar akan mempengaruhi proses memasak dan hasil akhir dari masakan. Misalnya, jika kamu mengiris bawang dengan ketebalan yang sama, bawang tersebut akan matang secara merata saat dimasak.

Triknya adalah, pastikan pisau yang digunakan tajam. Lalu, posisikan tanganmu dengan benar. Jari tangan yang memegang bahan harus diletakkan dalam posisi 'cakar', sedangkan pisau berada di sisi lainnya. Cara ini membantu kamu memotong dengan cepat dan aman.

2. Merebus

Merebus mungkin terdengar mudah. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa trik dalam merebus yang perlu dikuasai? Misalnya, ketika merebus pasta, air harus benar-benar mendidih sebelum pasta dimasukkan. Lalu, pasta harus diaduk perlahan agar tidak lengket. Jangan lupa untuk memberikan sedikit garam di air rebusan agar pasta lebih beraroma.

3. Menggoreng

Menggoreng adalah teknik memasak yang cukup sering digunakan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggoreng, seperti suhu minyak dan cara menggoreng bahan makanan. Suhu minyak yang terlalu panas akan membuat makanan gosong di luar tetapi masih mentah di dalam. Sebaliknya, suhu minyak yang kurang panas akan membuat makanan menjadi berminyak.

Sebagai contoh, saat menggoreng ayam, kamu bisa memastikan minyak sudah cukup panas dengan cara meneteskan sedikit adonan tepung ke dalam minyak. Jika adonan tersebut langsung mengapung dan berbuih, berarti minyak sudah siap untuk digunakan.

4. Memanggang

Memanggang memerlukan kesabaran dan kontrol suhu yang baik. Suhu yang terlalu tinggi dapat membuat permukaan makanan gosong sementara bagian dalam masih mentah. Untuk itu, penting untuk selalu memeriksa suhu oven dan menyesuaikannya dengan resep.

Misalnya, saat memanggang kue, kamu harus mengatur suhu oven sesuai dengan yang tertulis di resep. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kue setiap beberapa menit sekali untuk mencegah gosong.

5. Menumis

Tumis adalah cara cepat dan mudah untuk mengolah berbagai jenis makanan. Teknik menumis yang baik membutuhkan suhu panas yang cukup dan pengadukan yang cepat. Sebagai contoh, saat menumis sayuran, pastikan wajan dan minyak sudah panas sebelum sayuran dimasukkan. Lalu, aduk sayuran dengan cepat dan jangan lupa tambahkan garam dan rempah-rempah.

6. Membuat Saus

Membuat saus sendiri di rumah bisa memberikan kepuasan tersendiri. Teknik dasar dalam membuat saus adalah emulsifikasi, yaitu proses mencampur dua bahan yang sebenarnya tidak bisa bercampur, seperti air dan minyak. Mayones adalah contoh saus yang dibuat dengan teknik ini. Kamu perlu mengocok telur dan minyak secara perlahan agar dapat bercampur dengan baik.

Demikianlah enam teknik memasak dasar yang wajib dikuasai. Tentu masih banyak teknik lainnya yang bisa dipelajari. Tapi, dengan menguasai enam teknik di atas, kamu sudah bisa memasak berbagai jenis masakan dengan lebih baik. Jadi, jangan takut untuk mencoba dan berlatih ya! Selamat memasak!

Tidak ada komentar