Hemat Traveling

Tips Praktis Menghemat Uang Saat Traveling

0 Komentar
Beranda
Hemat
Traveling
Tips Praktis Menghemat Uang Saat Traveling

Halo teman-teman, apa kabar? Kalian pasti senang dong kalau bisa traveling ke tempat-tempat baru. Tapi, ada satu hal yang seringkali menjadi penghalang, yaitu masalah biaya. Traveling memang identik dengan pengeluaran yang tidak sedikit. Tapi, jangan khawatir! Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat uang saat traveling. Yuk, kita bahas satu per satu.

Pertama, tentukan tujuan traveling kalian dengan bijak. Memilih destinasi yang sedang tidak dalam masa puncak pariwisata, atau yang biasa kita sebut low season, bisa jadi salah satu cara hemat yang ampuh. Contohnya, jika kalian ingin pergi ke Bali, coba hindari bulan Desember atau Juni-Juli yang merupakan puncak musim liburan. Selain lebih sepi, harga tiket pesawat dan akomodasi biasanya akan lebih murah di luar musim tersebut.

Kedua, perbanyak riset. Internet adalah sumber informasi terbaik untuk mencari info promo atau diskon. Banyak maskapai atau situs booking hotel yang sering memberikan penawaran khusus di waktu-waktu tertentu. Misalnya, Garuda Indonesia biasanya memberikan diskon di hari Jumat, atau biasa disebut "Garuda Friday". Jadi, rajin-rajinlah mencari info dan membandingkan harga sebelum membeli tiket atau memesan hotel.

Ketiga, coba pilih transportasi publik daripada transportasi pribadi. Selain lebih murah, kalian juga bisa merasakan pengalaman lokal yang autentik. Misalkan, jika kalian traveling ke Yogyakarta, cobalah naik Trans Jogja yang harganya sangat terjangkau dibandingkan sewa mobil pribadi.

Keempat, memilih penginapan yang ekonomis. Jika kalian traveling sendiri atau berdua, hostel bisa jadi pilihan yang hemat. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih penginapan yang menyediakan fasilitas dapur, sehingga kalian bisa memasak sendiri makanan kalian. Ini bisa menghemat biaya makan di luar yang biasanya cukup besar.

Kelima, coba untuk membawa bekal atau snack dari rumah. Selain lebih sehat, ini juga bisa menghemat biaya makan di tempat tujuan. Contohnya, kalian bisa membawa roti, buah, atau snack lainnya untuk cemilan di perjalanan.

Keenam, belanja oleh-oleh secara bijak. Coba beli oleh-oleh yang unik dan khas, bukan yang mahal. Selain itu, belanja di pasar tradisional biasanya lebih murah dibandingkan di pusat perbelanjaan. Misalnya, jika kalian ke Bandung, coba belanja di Pasar Baru daripada di Cihampelas Walk.

Terakhir, jangan lupa untuk membuat dan mengikuti anggaran. Sebelum berangkat, buatlah anggaran rinci tentang berapa yang akan kalian belanjakan untuk tiket, akomodasi, makanan, transportasi, dan lainnya. Usahakan untuk selalu mengikuti anggaran tersebut agar tidak boros.

Nah, itu dia tujuh tips hemat untuk traveling. Jangan biarkan masalah biaya menghalangi kalian untuk menjelajah dunia. Dengan perencanaan dan trik-trik hemat, kalian bisa menjelajah lebih banyak tempat dengan biaya yang terjangkau. Selamat mencoba dan selamat berlibur, ya!

Tidak ada komentar