Beranda
Pendidikan
Penelitian
Skripsi
Tips Jitu Menulis Skripsi yang Baik dan Benar

Skripsi. Kata yang satu ini pasti akrab di telinga mahasiswa, khususnya yang sudah berada di penghujung studi. Sebuah pekerjaan yang cukup menguras tenaga dan pikiran. Tapi, jangan khawatir! Dengan cara yang tepat, menulis skripsi bukanlah hal yang menakutkan. Mau tahu caranya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

A. Memilih Topik yang Tepat

Menulis skripsi dimulai dari memilih topik. Pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Misalnya, kamu mahasiswa teknik informatika yang hobi main game, maka kamu bisa menulis tentang "Pengaruh Game Online terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa".

B. Membuat Kerangka Penelitian

Setelah menentukan topik, buatlah kerangka penelitian. Kerangka penelitian akan membantumu dalam mengorganisir ide dan pikiran yang akan dituangkan dalam skripsi. Kerangka penelitian ini seperti peta, memandumu untuk tidak tersesat dalam lautan penelitian.

C. Membaca Banyak Referensi

Baca dan pahami berbagai referensi yang berhubungan dengan topik skripsi kamu. Dengan begitu, kamu dapat memahami perkembangan penelitian terkait topik tersebut dan menemukan celah yang bisa kamu isi.

D. Menulis dengan Sistematis

Menulis skripsi bukanlah menulis cerita pendek yang bisa dilakukan dengan santai-santai. Ada format dan struktur yang harus diikuti. Umumnya, skripsi terdiri dari bab pendahuluan, kajian pustaka, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran. Pastikan semua bagian tersebut tertulis dengan baik dan sistematis.

E. Memahami Metodologi Penelitian

Pahami metode penelitian yang akan kamu gunakan. Apakah itu kualitatif, kuantitatif, atau mixed method? Metode penelitian yang dipilih harus sesuai dengan topik dan tujuan penelitianmu.

F. Mencari Bimbingan

Jangan malu untuk mencari bimbingan, baik itu dari dosen pembimbing, senior, ataupun teman sejawat. Bimbingan ini sangat penting untuk mengevaluasi progress penelitianmu dan mendapatkan masukan yang konstruktif.

G. Menyusun Jadwal

Susun jadwal penelitianmu dengan baik. Jadwalkan waktu untuk mencari data, analisis data, hingga menulis skripsi. Dengan jadwal yang baik, kamu bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu.

H. Menyempurnakan Skripsi

Setelah menulis, jangan lupa untuk menyempurnakan skripsi. Cek kembali apakah ada kesalahan penulisan, typo, atau hal lain yang kurang pas. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk membaca dan memberikan masukan untuk skripsimu.

I. Melakukan Presentasi Skripsi

Saatnya mempresentasikan hasil penelitianmu. Siapkan diri dan materi presentasi dengan baik. Pahami semua bagian dalam skripsi agar kamu bisa menjawab pertanyaan dari penguji dengan baik.

Ingat, menulis skripsi bukanlah hal yang menakutkan jika kamu tahu caranya. Dengan langkah-langkah di atas, diharapkan kamu bisa menulis skripsi dengan baik dan benar. Selamat menulis skripsi dan sukses selalu!

Tidak ada komentar