Beranda
Berlibur
Lingkungan
Tips
Tips Berlibur Tanpa Merusak Lingkungan

Halo, Sobat Hijau! Apakah kamu juga merindukan sensasi liburan setelah sekian lama #StayAtHome karena pandemi? Jika iya, kamu tidak sendiri. Tapi sebelum kamu memulai petualanganmu, ada satu hal yang perlu kita ingat bersama. Yaitu, bagaimana caranya berlibur tanpa merusak lingkungan. Ya, betul sekali. Kita bisa menikmati liburan seru sekaligus menjaga bumi tetap hijau.

Mari kita mulai!

1. Mengurangi Jejak Karbon

Salah satu cara termudah untuk berlibur tanpa merusak lingkungan adalah dengan memilih metode transportasi yang menghasilkan emisi karbon paling rendah. Misalnya, jika destinasi liburanmu tidak terlalu jauh, mengapa tidak bersepeda atau berjalan kaki saja? Selain baik untuk kesehatan, kamu juga telah berkontribusi dalam pengurangan jejak karbon.

Namun, jika tujuanmu cukup jauh dan membutuhkan kendaraan, pilihlah transportasi umum seperti kereta atau bus dibandingkan dengan mobil pribadi. Atau, jika memungkinkan, gunakan mobil listrik atau kendaraan berbahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

2. Menggunakan Botol Minum Sendiri

Botol minum reusable adalah teman terbaik para Sobat Hijau saat berlibur. Mengapa demikian? Karena dengan membawa botol minum sendiri, kamu telah mengurangi konsumsi botol plastik sekali pakai. Bayangkan, jika semua orang melakukan hal ini, berapa banyak sampah plastik yang bisa kita kurangi.

Jadi, jangan lupa ya, selalu bawa botol minum sendiri saat berlibur!

3. Menghindari Makanan Sekali Pakai

Makanan cepat saji memang praktis, namun seringkali mereka dikemas dalam wadah sekali pakai yang berpotensi menambah jumlah sampah. Oleh karena itu, cobalah untuk memilih makanan yang dikemas secara ramah lingkungan atau makan di restoran lokal yang menggunakan piring dan sendok bukan sekali pakai.

4. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan

Ketika berlibur, terutama ke destinasi alam, produk yang kita gunakan bisa berdampak langsung terhadap lingkungan sekitar. Misalnya, penggunaan tabir surya yang mengandung oksibenzone dapat merusak terumbu karang. Oleh karena itu, cobalah cari produk seperti tabir surya yang bebas oksibenzone dan ramah lingkungan.

5. Menghargai Alam

Mungkin terdengar klise, tapi prinsip "mengambil foto dan meninggalkan jejak" adalah kunci untuk berlibur tanpa merusak lingkungan. Jangan pernah meninggalkan sampah di tempat liburanmu dan jangan merusak atau mengambil apa pun dari alam, termasuk batu, bunga, dan hewan.

Nah, itu dia beberapa tips berlibur tanpa merusak lingkungan. Semoga dengan tips-tips ini, liburanmu tidak hanya menyenangkan tapi juga berkontribusi dalam menjaga bumi kita tetap hijau. Selamat berlibur, Sobat Hijau!

Tidak ada komentar