Keamanan Liburan

Tips Jitu Hindari Kejahatan Selama Liburan

0 Komentar
Beranda
Keamanan
Liburan
Tips Jitu Hindari Kejahatan Selama Liburan

Hai Sobat Traveller, kita tahu betul bagaimana liburan bisa menjadi momen yang ditunggu-tunggu, bukan? Sesaat meninggalkan rutinitas sehari-hari, menjelajah tempat baru, mencicipi kuliner baru, bahkan mencoba berbagai aktivitas baru. Wuih, rasanya seru banget ya! Tapi, tunggu dulu. Di tengah keseruan tersebut, ada hal penting yang kadang luput dari perhatian, yaitu keamanan. Jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan malah berakhir buruk karena masalah keamanan, kan?

Nah, kali ini, kita akan bahas berbagai tips jitu untuk menghindari kejahatan saat berlibur. Yuk, disimak baik-baik!

1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Membuat rencana perjalanan yang matang adalah langkah awal dalam menjaga keamanan saat berlibur. Dengan perencanaan yang baik, kamu akan tahu rute perjalanan, tempat menginap, hingga destinasi yang akan dikunjungi. Dengan informasi tersebut, kamu bisa mencari tahu tentang tingkat keamanan di tempat-tempat tersebut. Misalnya, ketahui apakah daerah tujuan terkenal aman atau malah sering terjadi kejahatan. Jika sering terjadi kejahatan, lebih baik mencari destinasi lain yang lebih aman.

2. Selalu Waspadai Lingkungan

Saat berlibur, jangan sampai terlena oleh keindahan tempat atau keasyikan beraktivitas. Selalu waspadai lingkungan sekitar. Perhatikan orang-orang di sekitar dan situasi tempat. Jika merasa ada yang aneh atau tidak beres, segera tinggalkan tempat tersebut. Ingat, insting kita seringkali benar, jadi jangan ragu mengikutinya.

3. Jangan Tunjukkan Barang Berharga

Barang berharga seperti perhiasan, gadget, atau kamera DSLR bisa menjadi magnet bagi para penjahat. Jadi, sebisa mungkin hindari memamerkan barang-barang tersebut. Jika memang harus membawa barang berharga, pastikan disimpan dengan baik dan tidak menarik perhatian. Misalnya, simpan handphone dalam tas bukan di tangan.

4. Kenakan Pakaian yang Tepat

Memilih pakaian yang tepat tidak hanya soal fashion, tapi juga soal keamanan. Pakaian yang mencolok bisa menarik perhatian orang lain, termasuk penjahat. Selain itu, kenakan pakaian yang nyaman untuk bergerak. Jika tiba-tiba harus berlari atau bergerak cepat, pakaian yang nyaman akan sangat membantu.

5. Selalu Bawa Nomor Penting

Pastikan kamu memiliki daftar nomor penting, seperti nomor polisi setempat, nomor telepon kedutaan (jika berlibur ke luar negeri), nomor asuransi perjalanan, dan lainnya. Nomor-nomor ini akan sangat berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

6. Gunakan Jasa Penyimpanan Barang

Jika terdapat jasa penyimpanan barang atau loker di tempat tujuan, manfaatkan. Daripada harus khawatir barang berharga dicuri saat menikmati liburan, lebih baik simpan saja di tempat yang aman. Biasanya, tempat-tempat wisata populer menyediakan fasilitas ini.

7. Hindari Tempat Sepi

Berlibur ke tempat sepi memang seru, tapi risikonya cukup tinggi, lho. Tempat-tempat sepi biasanya menjadi target favorit para penjahat. Jadi, sebisa mungkin hindari tempat sepi, terutama jika kamu berlibur sendirian.

Nah, itu dia tujuh tips jitu menghindari kejahatan saat berlibur. Ingat, liburan itu bukan hanya tentang kesenangan, tapi juga tentang keamanan. Jadi, selalu waspadalah dan jangan sampai lalai. Selamat berlibur dan tetap aman, ya Sobat Traveller!

Tidak ada komentar