Kesehatan Makanan Tips

Tips Jitu Memilih Bahan Makanan yang Berkualitas Tinggi

0 Komentar
Beranda
Kesehatan
Makanan
Tips
Tips Jitu Memilih Bahan Makanan yang Berkualitas Tinggi

Hai, Sobat Sehat! Bagi Anda yang suka memasak, tentunya mengetahui kualitas bahan makanan adalah hal yang sangat penting, bukan? Dengan menggunakan bahan makanan berkualitas, rasa makanan yang kita buat akan lebih enak dan tentunya lebih sehat. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa membantu Anda memilih bahan makanan berkualitas. Mari kita mulai!

1. Membeli Sayuran dan Buah-buahan

Saat membeli sayuran dan buah, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, lihatlah warnanya. Buah dan sayuran segar biasanya memiliki warna yang cerah dan menarik. Jika warnanya tampak kusam, mungkin itu adalah tanda bahwa buah atau sayuran tersebut tidak segar.

Kedua, cek tekstur buah atau sayur tersebut. Buah dan sayuran yang segar biasanya akan terasa padat dan keras ketika disentuh. Jika terasa lembut atau lunak, bisa jadi buah atau sayur tersebut sudah mulai busuk atau tidak segar.

Sebagai contoh, saat memilih apel, carilah yang berwarna merah cerah atau hijau cerah (tergantung varietasnya), dan jika Anda merasakan tekanan saat memencetnya, berarti apel tersebut masih segar.

2. Membeli Daging

Daging yang berkualitas memiliki warna yang cerah, tidak berbau busuk, dan teksturnya kenyal. Daging sapi segar biasanya berwarna merah terang, sedangkan daging ayam segar berwarna putih atau pink pucat. Jika warna daging tampak kusam atau berubah, mungkin daging tersebut sudah tidak segar.

Jangan lupa untuk mencium baunya juga. Daging segar tidak berbau busuk. Jika Anda mencium bau tidak sedap atau bau amis yang kuat, berarti daging tersebut tidak segar atau sudah mulai busuk.

3. Membeli Ikan

Ikan segar memiliki mata yang jernih dan menonjol, sisik yang berkilau, dan insang berwarna merah cerah. Jika mata ikan tampak kusam atau insangnya berwarna pucat, itu mungkin menandakan bahwa ikan tersebut tidak segar.

Selain itu, ikan segar biasanya tidak berbau amis yang kuat. Jadi, jika Anda mencium bau yang tidak sedap atau amis yang kuat, mungkin ikan tersebut sudah tidak segar atau sudah mulai busuk.

4. Membeli Telur

Cara mudah memeriksa kualitas telur adalah dengan melakukan tes air. Isi gelas atau mangkuk dengan air, kemudian masukkan telur. Telur yang segar akan tenggelam, sementara telur yang tidak segar atau busuk akan mengapung.

5. Membeli Produk Susu

Susu yang baik biasanya berwarna putih cerah dan tidak berbau. Jika warnanya tampak kuning atau bau susu agak asam, itu bisa menjadi tanda bahwa susu tersebut sudah mulai basi.

Ingatlah untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa produk susu. Jika sudah mendekati atau melebihi tanggal kedaluwarsa, sebaiknya jangan dibeli.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih bahan makanan berkualitas. Semoga tips ini bisa membantu Anda membuat hidangan yang lebih lezat dan sehat. Selamat memasak, Sobat Sehat!

Tidak ada komentar