Makanan Pengawetan Tips

Trik Ampuh Menyimpan dan Mengawetkan Makanan di Rumah

0 Komentar
Beranda
Makanan
Pengawetan
Tips
Trik Ampuh Menyimpan dan Mengawetkan Makanan di Rumah

Selamat datang, Sobat Pintar! Siapa di antara kalian yang sering dibuat pusing karena masalah makanan yang cepat rusak, dan terpaksa harus membuangnya? Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kali ini kita akan membahas trik-trik ampuh untuk menyimpan dan mengawetkan makanan di rumah. Yuk, langsung aja kita mulai!

1. Memanfaatkan Kulkas dengan Benar

Cara paling umum untuk menyimpan makanan adalah dengan menggunakan kulkas. Namun, tahukah kalian bahwa setiap bagian dalam kulkas memiliki suhu yang berbeda? Maka dari itu, kita harus pintar-pintar menempatkan makanan.

Sebagai contoh, bagian rak paling atas biasanya paling dingin sehingga cocok untuk menyimpan makanan yang harus disimpan dalam suhu rendah, seperti daging dan ikan. Sementara itu, sayuran dan buah lebih baik disimpan di laci khusus sayuran yang ada di bagian bawah.

2. Menggunakan Kemasan yang Tepat

Memilih kemasan yang tepat juga sangat penting. Kemasan yang buruk dapat membuat makanan cepat rusak, Sobat Pintar. Jadi, sebaiknya gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan makanan. Untuk makanan yang cair seperti kuah atau saus, gunakan wadah yang tahan panas dan anti bocor. Jangan lupa, pastikan kemasan yang kita gunakan sudah bersih dan kering, ya.

3. Cara Mengawetkan Dengan Garam dan Gula

Garam dan gula dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami, lho. Misalnya saja, ikan asin yang diawetkan dengan garam, atau manisan buah yang diawetkan dengan gula.

Untuk ikan asin, pertama-tama, kita harus membersihkan ikan, lalu taburi dengan garam secukupnya. Diamkan selama beberapa jam, kemudian jemur hingga kering. Nah, ikan asin ini bisa bertahan sampai beberapa minggu, lho.

Sementara itu, untuk manisan buah, kita bisa merebus buah dengan gula pasir sampai mengental. Setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara, dan jangan lupa disimpan di kulkas, ya.

4. Mengawetkan dengan Cara Mengeringkan

Mengeringkan adalah metode lain yang bisa kita gunakan untuk mengawetkan makanan. Ada banyak makanan yang bisa diawetkan dengan cara ini, seperti ikan, kerupuk, atau buah-buahan.

Contohnya, untuk mengawetkan ikan dengan cara mengeringkan, kita bisa menjemur ikan yang sudah dibersihkan dan dibumbui di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Cara ini akan membuat ikan bisa bertahan lebih lama.

5. Penggunaan Freezer Bag

Freezer bag atau kantong beku bisa jadi alat penyimpanan yang efektif untuk makanan beku seperti daging, ikan, atau buah-buahan. Pastikan udara di dalam kantong telah dikeluarkan sebelum disegel, agar makanan bisa bertahan lebih lama.

Itu tadi beberapa trik ampuh untuk menyimpan dan mengawetkan makanan di rumah, Sobat Pintar. Dengan mempraktikkan cara-cara di atas, dijamin masalah makanan cepat rusak bisa diminimalisir. Semoga bermanfaat, ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar